Tips Merawat Kompor Gas

Thu, 18-Jan-2018

Kompor gas perlu dirawat secara teratur. Manfaatnya banyak. Menjaga dapur dan makanan tetap bersih. Bisa mencegah bau tak sedap sisa makanan dan masakan gosong yang tercecer. Kompor yang bersih terawat akan mampu menyebar panas secara lebih merata di dasar peralatan masak sehingga menghemat bahan bakar dan membantu menjaga keawetan panci.

Perawatan kompor gas tidaklah sesulit atau selama yang dibayangkan. Umumnya, ada tiga bagian kompor gas yang perlu dibersihkan, yaitu bagian ring, bagian tungku api, dan permukaan kompor. Pastikan kompor dalam kondisi dingin sebelum Anda mulai membersihkannya.

Cara membersihkan ring pada kompor gas:

#1. Umumnya, ring yang berupa kerangka tatakan panci pada kompor gas bisa dilepas dari unit kompor sehingga Anda tinggal membersihkannya secara terpisah. Jika ring menyatu dengan unit kompor gas, lepas ring sesuai dengan petunjuk di buku panduan.

#2. Rendam ring di dalam larutan sabun cuci piring cair dan air hangat hingga kotoran yang menempel lepas. Gunakan spons atau sikat cuci piring untuk mengangkat kotoran dan lemak yang melekat.

#3. Angkat ring dari air rendaman dan bilas dengan air biasa, lalu keringkan sambil menunggu bagian-bagian lain pada kompor dibersihkan.

Cara membersihkan bagian tungku api:

#1. Hindari penggunaan larutan sabun dan air pada tungku api kompor gas. Jika bagian ini basah berlebihan dan terlalu lembap, api berisiko tidak menyala sempurna.

#2. Gunakan krim pembersih khusus untuk dapur untuk membersihkan tungku api. Oleskan pada tungku api, lalu gosok dengan spons cuci piring atau lap. Gunakan sikat gigi bekas untuk menjangkau bagian-bagian yang sulit. Biarkan krim selama beberapa saat pada kotoran yang melekat erat sebelum menggosoknya.

#3. Anda tidak perlu membilas tungku api yang telah dibersihkan dengan krim pembersih.

Cara membersihkan permukaan kompor gas:

#1. Singkirkan sebanyak mungkin kotoran padat yang tidak menempel pada permukaan kompor.

#2. Untuk bagian ini Anda bisa memakai pembersih dapur berupa cairan, seperti Cif Serba Guna. Semprotkan cairan pembersih langsung pada permukaan kompor, lalu seka dengan lap atau spons cuci piring untuk mengangkat kotoran yang menempel.

#3. Pastikan permukaan kompor diseka hingga bersih dan tidak ada bercak-bercak sisa cairan pembersih tertinggal.

#4. Permukaan kompor yang telah dibersihkan tidak perlu dibilas dengan air.

 

Sumber: cleanpedia.com

HUBUNGI KAMI

IKUTI PROMO TERBAIK KAMI

  • Dapatkan info promo terbaru kami
  • Bergabunglah bersama kami di

UNDUH APLIKASI MOBILE

ONLINE SHOPPING RETAIL BAHAN BANGUNAN DAN PERLENGKAPAN RUMAH TERDEPAN DI INDONESIA

Mitra10 E-Commerce adalah toko online untuk ritel bahan bangunan dan perlengkapan rumah tangga terdepan di Indonesia yang menawarkan pengalaman berbelanja secara online yang berlangsung cepat, aman dan nyaman dengan kategori produk mulai dari lantai, dinding, hingga atap dan perlengkapan rumah tangga lainnya.